Langsung ke konten utama

Kurang tepatnya pemanfaatan subsidi bbm



Jakarta - Pihak Bank Dunia menyatakan besaran subsidi BBM yang dikucurkan tiap tahun oleh pemerintah Indonesia tidak efektif. Subsidi ini dinilai menguntungkan orang kaya.

Hal ini disampaikan Bank Dunia dalam siaran persnya soal perkembangan ekonomi Indonesia yang dikutip, Rabu (4/4/2012).

Dikatakan Bank Dunia, di 2011 jumlah subsidi BBM yang dihabiskan pemerintah mencapai US$ 19 miliar atau Rp 171 triliun. Pemberian subsidi ini dinilai Bank Dunia menguntungkan rumah tangga kaya yang tidak pantas disubsidi.

Menurut Bank Dunia, 40% dana subsidi energi jatuh kepada 10% rumah tangga kaya yang tidak berhak. Padahal ada kebutuhan yang lebih penting, yaitu perbaikan kualitas pendidikan, jaring pengaman sosial, dan perbaikan iklim bisnis.

"Masa depan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia tergantung bagaimana pemerintah bisa melanjutkan progres dalam memperbaiki kualitas pengunaan anggarannya. Pemerintah harus bisa mengefektifkan belanja untuk infrastruktur dan pendidikan, dibarengi dengan perbaikan iklim bisnis yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7% atau lebih," tutur Kepala Ekonomi Bank Dunia untuk Indonesia Shubham Chaudhuri.

Dalam APBN-P 2012, pemerintah mengalokasikan anggaran subsidi energi Rp 225 triliun dengan rincian subsidi BBM Rp 137 triliun, subsidi listrik Rp 65 triliun, dan cadangan risiko fiskal energi Rp 23 triliun.

Namun sekarang, pergerakan ekonomi Indonesia menurut Bank Dunia sangat tergantung pada perkembangan ekonomi dunia khususnya harga minyak, setelah DPR membatalkan kenaikan harga BBM. Karena besaran subsidi yang dikeluarkan pemerintah bisa membengkak dari alokasi awal.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2012/04/04/171129/1885308/1034/bank-dunia-bbm-subsidi-di-indonesia-untungkan-orang-kay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kemacetan bukan budaya yang harus di lestarikan

Kemacetan Bukan Sebuah Budaya yang Harus di Lestarikan Tidak banyak yang menyadari bahwa masalah kemacetan sebenarnya merupakan masalah sosial budaya di dalam masyarakat. Perlu dipahami bahwa budaya adalah suatu hal menjadi ciri dalam masyarakat, menjadi sebuah pandangan dalam masyarakat, menjadikan sebuah alasan masyarakat untuk melakukan sesuatu yang dianggap sesuai dengan lingkungan dimana mereka berada dan dianggap mampu memberikan nilai lebih apabila dilakukan oleh pelakunya. Sebuah budaya tercipta melalui sebuah pola yang biasa dilakukan dalam masyarakat. Pola tersebut secara alami akan menjadi sebuah tatanan dalam masyarakat. Seseorang yang hidup di dalam masyarakat akan nyaman apabila mereka mampu hidup sesuai dengan tatanan yang telah ada tersebut. Mereka justru akan merasa malu apabila berada di luar atau berbeda dengan tatanan yang telah ada. Namun, tidak semua tatanan yang telah ada tersebut mampu memberikan efek yang positif apabila terus dilakukan dan di ikuti oleh masya...

jurnal perilaku konsumen (english)

European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol 3, No.3 Effective advertising and its influence on consumer buying behavior Zain-Ul-Abideen (Corresponding Author) Department of Management Sciences, Abbasia Campus, The Islamia University of Bahawalpur, Punjab, Pakistan. E-mail: zuabideen@gmail.com Salman Saleem Department of Business Administration, Federal Urdu University of Arts, Science & Technology, Islamabad, Pakistan. E-mail: salmankhan302@gmail.com Abstract Advertising is a form of communication intended to convince an audience (viewers, readers or listeners) to purchase or take some action upon products, information, or services etc. This paper investigates the relationship between independent variables which are environmental response and emotional response with attitudinal and behavioral aspect of consumer buying behavior, by tapping the respons...

Happy Birthday Penghianat, I hate You

 Hello kamu yang tepat pada hari ini tanggal 29 September 2021 berulang tahun yang ke 29 tahun, aku masih sama seperti dulu. Lelaki yang paling mencintai kamu sekaligus lelaki yang paling membencimu. Aku berusaha meyakinkan diriku untuk membencimu pada sisa-sisa 2014 milikku...  Ahh iya, selamat ulang tahun untuk kamu Ines...  Wanita yang paling ku banggakan pada masa itu, sekaligus wanita yang paling puas menyakiti diriku hingga aku mulai depresi dan menganggap semua wanita sama saja. Dari kamu aku mengenal cinta, darimu aku mengenal rasa sakit yang teramat karena di khianati.  Sesak rasanya, seakan ingin mati saja saat itu. Kamu telah membunuhku dengan sadarmu nes, walaupun aku masih bernafas. Aku telah mati, gugus telah mati. Yang ada hanya sisa-sisa kebencian dan penyesalan telah memberikan hatiku seutuhnya hanya untuk kamu pada saat itu.  Aku selalu mengingat tanggal 29 setiap bulan ini. Dan aku tidak pernah berhenti melupakannya penghianat sepertimu yang t...