Langsung ke konten utama

Gue Lelah

Coba aja lelah ini malah mengalahkan gue.. Enggak banyak yang tau kalo gue lagi berjuang dalam lelah. Enggak gue ceritakan ini pada ibu bapak, enggak pula gue mengabarkannya pada kotak-kotak persegi empat foto di sosial media. Dalam pikiran gue, biar aja gue ngelakuin semuanya di jalan sunyi, siapa tau nanti ibu bapak bisa langsung menikmati kabar gembiranya, dan teman-teman gue mencicip seraup hikmahnya aja. Entah gimana, guebsemacam enggak rela kalo jalan sunyi gue ini menjadi riuh oleh banyak pertanyaan, harapan, atau juga komentar-komentar dari orang lain, yang bahkan enggak sepenuhnya memahami apa yang lagi gue perjuangkan. Atau, apa mungkin sebenernya gue belum siap buat menceritakannya???


Ah, gue enggak tau hahhaa. Mungkin, nanti gue akan benar-benar menceritakannya pada orang yang sepenuhnya gue percaya. Kamu misalnya, sahabat sejiwa, semakna, dan semoga juga sesyurga... Aamiin :D


Di jalan sunyi ini, banyak dinamika udah terjadi. Gue menjadi paham bahwa kata lelah dan segala problematikanya memang tersemat dalam makna kata berjuang. Terang aja, sebab gak ada berjuang yang enggak lelah, gak ada berjuang yang jalannya lurus-lurus aja, juga gak ada berjuang yang enggak mempertemukan diri seseorang dengan selemah-lemah kondisi dirinya. Gue jadi ingat pesan ibu gue , kalo berjuang itu harus sampai terasa berkorbannya, sulitnya, juga lelahnya. Sebab, kalo enggak demikian, gimana kalo jangan-jangan sebenarnya kita enggak sedang memperjuangkan apa-apa???? 


Beberapa kali, bahkan berkali-kali, gue pernah ingin berhenti. Jalan yang harus gue tempuh di depan rasanya gelap banget . Gue takut enggak mampu ngelewatinya. Gue khawatir gagal di perjalanannya. Tapi gue sih terus berpikir bahwa takut dan khawatir itu boleh jadi memang terasakan oleh siapapun yang berjuang, dan yang menjadi pemenang adalah dia yang berhasil melewatinya kan?? Dengan menyelesaikan setiap tantangannya. Gue juga kemudian teringat bahwa gue bersama oleh Allah, yang tentu akan menuntun gue pada jalan-jalan terbaik Nya. Terus, apa lagi yang bisa menghentikan gue???? 


Enggak ada, 


Jadi gue putuskan buat elangkah lagi, melanjutkan perjalanan dan perjuangan dengan harapan Allah senantiasa membantu gue untuk memenangkannya... 


Lo tahu gak, keputusan buat terus melangkah ini bukan berarti tanpa resiko. Lelah adalah makanan sehari-hari. Bukan hanya lelah fisik, tapi juga lelah jiwa, lelah perasaan. Tapi, gue ingin mempersembahkan perjuangan ini sebagai hadiah untuk ibu bapak, juga sebagai sebaik-baik amal shalih untuk Nya. Kalo gue berhenti, tentu aja semua itu hanya akan berhenti di angan-angan, menertawakan diri gue sendiri yang berhenti karena lelah berjuang. Udah dehh, gak apa, lelah ini biar gue peluk aja. Sebab, bukankah kita enggak diizinkan berhenti ketika lelah dan baru boleh berhenti ketika selesai???? 


Untuk kamu yang juga lagi berjuang seperti gue, gue mau membisikkan sesuatu. Lelah itu boleh, yang jangan adalah menyerah lalu berpasrah pada keadaan. Lelah itu niscaya, yang jangan adalah dikalahkan oleh kelelahan hingga meninggalkan perjuangan. Lelah itu enggak pernah salah, yang jangan adalah menggerutu akan takdir Allah dan berpikir bahwa Allah salah perhitungan ketika memberikan rahasia Nya buat kita.


Selamat berjuang!!! 


Semoga semua bisa menjadi semanis-manis amal sholeh yang kelak bisa kita banggakan di hadapan Allah SWT. 


Aamiin~





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN

TEMA: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DIDALAM PERUSAHAAN. Kata kunci : iklim organisasi, kedewasaan, kinerja, kepemimpinan, stress, budaya kerja. ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN Jurnal 1 ( PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DAN STRES KARYAWAN (Studi Kasus : CV. Mertanadi)) : Anak Agung Wiranata 2, Juli 2011 Kepemimpinan dalam perusahaan merupakan hal penting dalam sebuah era organisasi modern yang menghendaki adanya demokratisasi dalam pelaksanaan kerja dan kepemimpinan perusahaan. Akibat yang mungkin timbul dari adanya gaya kepemimpinan yang buruk adalah penurunan kinerja karyawan yang akan membawa dampak kepada penurunan kinerja total perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dan stres karyawan.. Hipotesa kerja yaitu H0 = 0, kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Ha ≠ 0, kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Hasil pen

jurnal perilaku konsumen (english)

European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol 3, No.3 Effective advertising and its influence on consumer buying behavior Zain-Ul-Abideen (Corresponding Author) Department of Management Sciences, Abbasia Campus, The Islamia University of Bahawalpur, Punjab, Pakistan. E-mail: zuabideen@gmail.com Salman Saleem Department of Business Administration, Federal Urdu University of Arts, Science & Technology, Islamabad, Pakistan. E-mail: salmankhan302@gmail.com Abstract Advertising is a form of communication intended to convince an audience (viewers, readers or listeners) to purchase or take some action upon products, information, or services etc. This paper investigates the relationship between independent variables which are environmental response and emotional response with attitudinal and behavioral aspect of consumer buying behavior, by tapping the respons

example adjective clause

Combine each of the following pairs of simple sentences into one complex sentence containing an adjective clause. 1. The theft was committed last night. The police has caught the man. 2. The French language is different from the Latin language. Latin was once spoken throughout Europe. 3. You are looking upset. Can you tell me the reason? 4. He had several plans for making money quickly. All of them have failed. 5. The landlord was proud of his strength. He despised the weakness of his tenants. 6. This is the village. I was born here. 7. You put the keys somewhere. Show me the place. 8. Paul was an old gentleman. He was my travelling companion. 9. A fox once met a crane. The fox had never seen a crane before. 10. The shop keeper keeps his money in a wooden case. This is the wooden case. Answers 1. The police has caught the man who committed the theft last night. 2. The French language is different from the Latin language which was once spoken throughout Europe. 3. Can you