Langsung ke konten utama

Perjalanan Anxiety Disorder Ku

Ini adalah sebuah pesan yang aku tulis di group Support gerd and anxiety.. Jadi aku copas aja yaa tulisan aku di note dan yang udah aku share di group barusan... Kira-kira bunyi pesanku barusan seperti ini, eh tapi ini sedikit panjang gak papa yaa hahaha :v check this out!!!



Mohon maaf izin berbagi pengalaman selama saya menjadi penderita sakit lambung dan anxietas tinggi dan gimana saya melewati itu semua.. Tapi curhatan saya agak panjang jadi kalo males baca tulisan panjang gausah dibaca, diskip aja yaaa hahaha


Saya sakit lambung udah dari 2014 pertengahan atau akhir gitu lupa, malah kayanya awal deh pas pengajuan makalah untuk skripsi, intinya sakit ini berawal karena stres tugas kuliah dan masalah percintaan anak muda dulu wkwkw Saya juga punya trauma masa kecil yang sampai sekarang masih terngiang2 difikiran saya dan gak pernah ada orang yang tau sama sekali dan gak saya publish smaa siapapun. 


Dulu mungkin gerd saya enggak separah mas, tapi pernah down banget  sampai dirawat lebih dari 10 hari kayanya di 2014 itu. Lambung saya luka dibilang dokter bisa jadi maag akut kalau enggak segera ditangani. Maklum aja dulu saya sempat ngekost, kerja paruh waktu 2 tempat, kuliah hampir seminggu 4 hari masuk ada jam kuliah, dan saya dulu juga ambil kuliah 2 jurusan manajemen dan psikologi(tapi yang psikologi saya out karena gak kuat bagi waktu dan bayarnya wkwk) jadi bener2 gak ada waktu istirahat banget, sangat kurang tidur paling lama 4 jam satu hari itupun jarang kayanya. Ditambah begadang malam karena deadline tugas, terus makan2nan gak sehat seperti indomie hampir setiap tengah malam, sarden, pokoknya makanan yg mengandung kimsin yg simpel buat dimasak saya konsumsi terus menerus. Gak terasa emang saya taunya perut penuh kenyang bisa tidur aja gataunya berefek fatal buat lambung. Gak lama setelah fisik dalam tubuh saya kacau, perubahan emosi, fikiran dan lain2 saya alami. Saya merasa saya bukan saya, saya hidup tapi jiwanya enggak tau kemana-mana, takut mati dan sebagainya. 


Intinya pada saat itu saya jatuh sejatuh-jatuhnya, dari yang saya senang bergaul sana sini, ikut organisasi ini itu semua buyar saya takut keramaian, takut bersosialisasi, takut mulai berhubungan dengan lawan jenis, pribadi yang ekstrovert jadi introvert bahkan cendrung jadi ansos, etc. 


Saat itu saya enggak tau kalau saya depresi.. Enggak disangka2 berawal sakit lambung dan trauma kehidupan malah berefek sekali, malah jadi jatuhnya dulu tuh depresi.. Depresi karena gak ada tempat untuk berkeluh kesah mengeluarkan apa yg ada difikiran.. Tubuh dan fikiran jadi gak sinkron gak terkontrol... Semua keluh kesah yang mas alami diatas hampir banyak saya alami (mungkin). Saya keluar kerja beberapa kali, masuk keluar masuk keluar.. Alhamdulillah, fikiran juga sembuh kambuh sembuh kambuh... 


Awal-awal saya pergi ke beberapa psikolog, ngobrol ini itu apa yang saya rasakan bla bla bla, saat bercerita beban yang dirasakan memang sedikit berkurang. Beberapa kali pertemuan saya sebagai klien, itu cukup melegakan mengurangi segala kecemasan yang saya rasakan. Tapi saat sensasi datang itu loh, rasa cemas akan masa depan yang padahal belum tentu bakal saya alami tp sudah terngiang2 difikiran. Dan itu selalu berulang2 difikiran. Mood saya bisa dari bagus tiba2 down jatuh, kadang kalau lagi senang tiba2 down juga. Sempat di khawatirkan bipolar disorder, jadi disarankan ke psikiater.. Entah berapa kali sudah saya bolak balik ke psikiatri sampai sekarang.. Terakhir habis lebaran kemarin, karena saya stress juga dengan sakit fisik saya. Saya sering dikasih obat racik, obat entah apa yg berbentuk kapsul tp jujur aja saya hanya konsumsi itu dulu sekali waktu baru awal pertama kali ke psikiater. Mungkin kalau dikumpul obat saya sebagai pasien dari psikiatri itu udah sekantong plastik besar kali hahaha  


Pernah diskusi sama psikiater saya, saya enggak mau sama sekali ketergantungan sm obat2an. Bagi yang rutin mengkonsumsi obat dari psikiater pasti tau lah gimana rasanya kita bergantung sekali terhadap obat tersebut, kalau lepas tuh rasanyaaaa~ uhh


*Beliau menyarankan saya untuk selalu memindset fikiran saya untuk se positif mungkin. Senegatif-negatifnya fikiran, atau apapun yang negatif saya enggak boleh berfikiran negatif. Itu point nya*


Saya bener2 merubah mindset dan kehidupan saya sendiri sejak psikiatri saya bilang seperti itu. Saya harus punya sudut pandang yang berbeda dari melihat sesuatu kejadian atau apapun yang belum terjadi dan itu harus positif, selalu berbaik sangka. 


Waktu  didiagnosis anxiety disorder dan itu kadang kambuh kadang hilang sendiri tergantung mood dan fikiran saya sendiri sih. Suasana hati dan fikiran itu yang harus kita jaga, jangan sampai terpicu trauma masalalu atau kejadian2 yang membuat mood kita rusak, fikiran kita kacau atau berantakan. Masalah percintaan yang dulu jadi pemicu utama saya down, lemah banget kan??? Hahaha  Bahkan sampai sekarang setelah 5 tahun saya bener2 trauma dengan masalah cinta-cintaan loh. Bukan gak suka sama lawan jenis, cuma takut kalo akhirnya nanti kecewa terus malah sakit lagi anxiety nya. Berjuang melawan anxiety itu butuh proses dan waktu, butuh melawan fikiran kita sendiri. Kadang saya saking trauma nya mikir enakan gausah nikah loh hahaha


Tenang aja semua mindset itu udah saya rubah kok.. Saya udh bisa jatuh cinta kok, baru bisa wkwkw *fix ini curhat 


Kadang trauma masalalu itu memang menghambat kinerja otak kita untuk berfikir positif dimasa sekarang. *Point utama untuk sembuh yaa yang tadi saya bilang. Memindset fikiran saya untuk se positif mungkin. Senegatif2nya fikiran, atau apapun yg negatif saya gak boleh berfikiran negatif. Saya bener2 merubah sudut pandang saya sendiri dalam hal apapun berusaha buat jadi manusia positif, walau belum bisa selalu konsisten positif sih jujur aja* 


Kadang fikiran negatif itu sedikit2 masih suka datang entah dari mana. Kata seseorang pernah bilang memang, kodrat manusia emang berfikiran negatif terhadap sesuatu, itu terjadi karena rasa was-was untuk bertahan hidup, mempertahan kan ke eksistensiannya. Jadi manusia positif ujiannya banyak, emang paling enak apa2 yg negatif sih hahhaha  So, itulah tantangan hidup saya kan??? 


Saya mulai mendingan semenjak mengenal istilah 3P dan saya cukup menjalaninya dengan konsisten, dulu juga pernah konsumsi alparzolam(obat penenang) tp hanya beberapa kali saya stop karena efek setelah nya saya lumayan ketergantungan.. Kemarin konsumsi lagi karena pola tidur saya yang berantakan lagi wkwk


*Kalau ditanya sakit kita apa yang perlu disembuhkan dulu??? Anxiety nya atau sakit lambungnya???*


Keduanya harus dijalani secara bersamaan. Dan semua itu butuh waktu dan proses yang gak sebentar, apalagi sudah berhari2, berbulan2, bertahun, jadi penderita. Mereka yang sehat dan bukan ahli dibidangnya gak akan tau ini. So, kalau ada yg menawarkan obat atau terapi sejenisnya yg bilang kalo cuma konsumsi sekali produk nya akan langsung sembuh total, saya bisa suudzon kan.. Itu HOAX!!! Coba konsul ke dokter2 yang berbeda deh.. Pasti jawabannya akan sama, sakit lambung dan anxiety(kejiwaannya) butuh proses dan waktu untuk sembuh. Jadi jangan pernah berfikir cara instan untuk sembuh kilat. Walaupun, usaha... Ikhtiar itu perlu sekali kita lakukan. 


Selalu percaya kalau setiap penyakit itu ada obatnya kan?? Terus apa obatnya???? 

*Fikiran kita sendiri dan kebiasaan hidup kita sendiri* ditambah dengan obat medis yg mendukung. 


Saat lambung kita sakit, lambungnya diobati. Saat fikiran kita sakit, coba benahi lagi cara berfikir kita. 


Saran saya coba konsisten 3P nya dan banyak afirmasi fikiran yg positif.. Coba cari suasana baru, sakit fikiran seperti ini semakin kita berdiam diri aja stuck gak ada pergerakan semakin banyak sensasi yg kita alami.. Coba lebih sering diskusi dengan orang2 sekitar mas yg dekat2 saja dulu, banyak silaturahim.. Coba ibadah tepat waktu, nikmati setiap waktu pas lagi ibadah, berdoa yg banyak usahakan selalu berjamaah.. Dulu aku rajin slepas magrib sampai isya enggak lepas Al-Qur'an (maaf bukan riya', hanya bagi pengalaman bagi yg masih berpatok mencari ketenangan lewat ponsel) ketemu solat isya habis isya saya lanjut. Sampai saya bner2 capek , berhenti saya makan. Habis makan baru buka gadget untuk nunggu waktu tidur walaupun jam tidur masih berantakan. Oiya, coba usahakan kurangi main HP.. Bermedsos ria juga dikurangi, saya stop medsos coba aja liat aktivitas ig saya @gustiantorahamans wkwkw saya bener2 stop medsos, kecuali Facebook itupun karena menjadi admin group tertentu jd gak bisa ditinggal pecaya deh, lepas dari HP dan bermedsos itu menenangkan. 


Saat dulu saya setiap ngeliat kasur itu takut karena gak pernah bisa tidur, tp saya di suruh guru ngaji untuk mengamalkan sebelum tidur baca quran beberapa ayat aja beserta terjemahannya lalu dihayati ayat perayat.. Alhamdulillah udah sehat sekarang mas fikirannya.. Masih sering kambuhan sih, kalau dipicu wkwk tapi intensitas nya bener2 berkurang drastis. 


Untuk yang masih sakit lambung, asam lambungnya masih tinggi, menurutku asam lambung tidak akan hilang dari tubuh kita karena emang nyatanya asam lambung dibutuhkan untuk membantu menghancurkan makanan yang kita makan dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh kita tapi kalau asam lambung berlebih atau tinggi atau sering naik nggak bagus untuk tubuh kita jadi akan timbul sensasi-sensasi di dalam tubuh kita contohnya perut panas perih kembung ulu hati sakit dada sebelah kiri atau sebelah kanan panas aslam naik sampai ke tenggorokan tenggorokan rasanya kayak ada yang mengganjal mulut pahit asem kalau naik ke hidung bersin-bersin mulu padahal nggak nggak perlu nggak pilek kalau naik ke mata mata blur pedes perih kalau naik ke kepala kliyengan pusing leher belakang kaku Terus kalau naik ke kuping pendengaran agak berkurang dan lain sebagainya... Emang bener asam lambung itu nggak berbahaya tapi kalau terus-terusan naik itu juga membahayakan tubuh kita... Untuk bagian yang dialiri asam lambung bisa menyebabkan iritasi dan bisa terjadi gastritis atau peradangan. Jadi pengalaman saya dulu untuk menetralkan asam lambung yaitu yang saya sering konsumsi air hangat+sedikit madu murni, konsumsi obat lambung sih yg simpel karena sifatnya basa. Intinya hindari makanan2an yang menyebabkan asam lambung naik, makan secukupnya kalau kepingin banget tapi nikmati juga sensasinya hahhaa 


Inget bebrapa waktu ada yang bilang seperti ini,  *Jadilah dokter buat diri sendiri!!!* 

Sederhananya ungkapan di atas mungkn bisa diartikan kaya gini.. 

Yang pertama coba kenali dan pahami sakit kita dlm artian, kenali dan pahami apa yg membuat kita kambuh ketika kita dalam masa sembuh. Belajarlah dari pengalaman kita sendiri untuk kemudian menghindari penyebab kambuhnya. Kalaupun kita terpaksa harus kambuh, pelajari juga deh apa-apa yang  ngebuat kita kembali ke posisi sembuh atau posisi lebih enakan. Pelajari semua itu dan terapkan, bila perlu dicatet. Dalam proses menuju sembuh, masa kambuh dan sembuh biasanya akan datang silih berganti dan itu wajar aja sih menurut aku. Selalu bersabar dan bersyukur akan segala keadaan yg kita alami, baik saat sembuh maupun saat kambuh. Yg penting, usahakan masa sembuhnya itu lebih lama dari masa kambuhnya. InsyaAllah, lama2 kita akan sembuh kok percaya deh. 


Terus dalam hubungan antara gerd, gastritis, sensasi dispepsia dan sejenisnya lah dengan anxiety atau cemas, pelajari dan pahami jg diri kita sendiri, apakah sensasi fisiknya datang karena kita merasakan cemas atau panik, atau sensasi cemasnya datang karena kita emang merasakan sensasi di fisik. Memang betul, antara otak sama saluran cerna kita punya hubungan yg erat yg sering kita sebut dgn poros otak-saluran cerna (brain-guts axis) ini aku dapet dari buku lupa namanya tp masih ada direminder, kita sendiri harus  bisa mengetahui penyebab utamanya apa, jadi kita tau apa yg paling prioritas untuk diobati terlebih dulu karena dialah yg menjadi penyebab untuk datangnya sensasi-sensasi lainnya  yang pada akhirnya ngikut wkwkw. Khusus untuk yg terkena gerd, gastritis, duodenitis, dan sejenisnya yg faktanya terjadi cedera fisik di suatu bagian saluran cernanya, yang kemudian jadi diikuti oleh anxie atau panik was-was etc. Tentu yang prioritas diobati adalah penyakit fisiknya krn dialah yg menjadi sumber utama masalahnya. Tapi boleh juga  diobati secara bersamaan dengan pengobatan psikisnya untuk lebih cepat menghilangkan sensasinya. Kalo ada yg bilang bahwa untuk gerd, gastritis, duodenitis, dan sejenisnya, yg paling utama diobati adalah anxienya tanpa mengobati sumber penyebabnya, mungkn saja anxienya bisa aja hilang atau sensasinya bisa berkurang sesaat, tp besar kemungkinan akan kembali lagi dan lebih lama sembuhnya secara total krn sumber utama penyebabnya enggak diobati kan??? 


Terus nih yang sering banget jadi pemicu datangnya segala sensasi adalah karena makanan. Untuk itu, kenali dan pelajari makanan2 atau minuman2 apa aja yang bisa ngebuat kita kambuh, untuk kemudian kita hindari. Setiap orang bisa beda2 loh pantangannya, jadi hindari mana pantangan buat kita. Bila perlu dicatet. Enggak ada salahnya kok kalo kita harus menjaga pantang dulu selama proses penyembuhan untuk mendapatkan tujuan kita yaitu kesembuhan. Tapi berpantanglah secara wajar jugaaaa, berpantang secara berlebihan juga enggak baik. Apalagi sampe enggak makan sama sekali. Itu lebih bahaya, saya menyarankan mending makan daripada enggak sama sekali hahaha 


Jadi, ayo pandai2lah kita mengatur diri sendiri soal makanan. Mungkn ada sebagian dr kita yg kalau dulu hidupnya untuk makan, tapi kalo sekaramg , coba dibalik, makanan yang kita makan untuk hidup kita jadikan obat demi kesembuhan kita sendiri


Terus kenali juga kondisi psikis dan lingkungan seprti apa yg membuat kita nyaman disana, dan kondisi psikis dan lingkungan kaya apa yang  membuat kita enggak bisa nyaman dan malah bisa memicu kambuh atau memicu kondisi kita semakin banyak sensasi. Sebisa mungkn kita hindari kondisi psikis dan lingkungan yang bisa ngebuat kita enggak nyaman. Kalapun kita dihadapkan pada  kondisi enggak bisa nyaman yg enggak bisa kita hindari sama sekali , coba hadapilah kondisi tersebut dengan tenang, coba sekali bersikap dewasa, selalu berbaik sangka sama apapun keadaan kita, dan kunci utamanya adalah sabar dan ikhlas. Tenang, Allah selalu bersama orang-orang yang ikhlas dan sabar kok .. Jadikan semua itu sebagai pelajaran untuk kita supaya kita bisa menghadapi kondisi serupa yang mungkn aja terjadi di kemudian hari yg perlu kita hadapi kembali. Lama2 kita akan terbiasa juga kok dan tau triknya sendiri gimana nanti menghadapinya. Dan lama2 juga kita akan merasa kalo kondisi tersebut merupakan hal-hal  yg biasa2 aja dan wajar.


Hmmm.. Salah satu esensi hidup adalah belajar kan??? Dari lahir smpe nanti kita berpulang, kita harus terus belajar, termasuk mempelajari diri kita sendiri secara fisik dan psikis, jasmani dan rohani. Meskipun dlm mencari kesembuhan, bisa aja kita dibantu banyak orang disekitar kita, dokter yang emang profesional dibidangnya, obat yg super hebat, orang-orang yang membuat kita nyaman dan membangkitkan diri kita menjadi pribadi yang positif, jangan ber stigma negatif sama orang2 yang gak merasakan yang kita alami, karena mereka gak akan mengerti apa yang kita rasakan, bila sudah punya orang terdekat dan memahami kita pertahankan apalagi orang itu dapat membuat kita tenang dan nyaman.... Tetap aja sih, semua itu tergantung pada diri kita sendiri loh, tekad dan kemauan kita sendiri, selalu berfikiran positif+konsistensi dlm berusaha dan berdoa. Kita yang lebih tau diri kita sendiri karena kita yang merasakannya kan???


Nah... Buat kita semua, khususnya saya pribadi yang udah mulai ngerasain titik balik menuju sembuh, jangan takut untuk mencoba2 sdikit makanan2 yang seblumnya dipantang supaya fisik dan psikis kita bs melakukan penyesuaian kembali, inget tetep secukupnya. Trial error kondisi lambung kita sendiri hahaha. Jangan pernah mikirin akan kambuh kalau mencoba suatu makanan yang baru yang bukan pantangan utama. Nikmati aja dengan tetap menjaga batas, tau sendirj kan batasannya?? Hahaha ini gak maksud menjerumuskan loh yaa, ini untuk melatih fisik kita terutama saluran cerna dengan makanan2 baru dan sekaligus melatih kepercayaan diri kita. Kalo kita udah pede dalam hal makanan, proses menuju sembuh itu akan makin lancar. Tp tetap haruss tau batasannya tapi supaya enggak gampang kambuh. Kalopun terpaksa kambuh, aturlah kembali segala sesuatunya supaya kita bisa kembali normal secepatnya.


Semoga tulisan ini bermanfaat.. Walaupun panjang banget ngetiknya hahaha semoga ada yang baca dan cepat sembuh, selalusemangatt gimanapun kondisi kamu saat ini, jangan pantang menyerah dan berputus asa yaa.. Coba tulisan ini dibaca berkali2 kalo enggak pusing bacanya wkwk terus direnungkan deh... Coba masuk diakal gak???? Kalo enggak yaa monggo diabaikan aja hahaha


Utamakan sekarang untuk konsisten 3P nya yaa+ ayo selalu berfikiran positif.. Pasrah tapi ikhtiar dan diobati.... Pasti sembuh, harus sembuh.. InsyaAllah sembuh.... Aamiin



Semangatttttttttt~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN

TEMA: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DIDALAM PERUSAHAAN. Kata kunci : iklim organisasi, kedewasaan, kinerja, kepemimpinan, stress, budaya kerja. ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN Jurnal 1 ( PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DAN STRES KARYAWAN (Studi Kasus : CV. Mertanadi)) : Anak Agung Wiranata 2, Juli 2011 Kepemimpinan dalam perusahaan merupakan hal penting dalam sebuah era organisasi modern yang menghendaki adanya demokratisasi dalam pelaksanaan kerja dan kepemimpinan perusahaan. Akibat yang mungkin timbul dari adanya gaya kepemimpinan yang buruk adalah penurunan kinerja karyawan yang akan membawa dampak kepada penurunan kinerja total perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dan stres karyawan.. Hipotesa kerja yaitu H0 = 0, kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Ha ≠ 0, kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Hasil pen

jurnal perilaku konsumen (english)

European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol 3, No.3 Effective advertising and its influence on consumer buying behavior Zain-Ul-Abideen (Corresponding Author) Department of Management Sciences, Abbasia Campus, The Islamia University of Bahawalpur, Punjab, Pakistan. E-mail: zuabideen@gmail.com Salman Saleem Department of Business Administration, Federal Urdu University of Arts, Science & Technology, Islamabad, Pakistan. E-mail: salmankhan302@gmail.com Abstract Advertising is a form of communication intended to convince an audience (viewers, readers or listeners) to purchase or take some action upon products, information, or services etc. This paper investigates the relationship between independent variables which are environmental response and emotional response with attitudinal and behavioral aspect of consumer buying behavior, by tapping the respons

example adjective clause

Combine each of the following pairs of simple sentences into one complex sentence containing an adjective clause. 1. The theft was committed last night. The police has caught the man. 2. The French language is different from the Latin language. Latin was once spoken throughout Europe. 3. You are looking upset. Can you tell me the reason? 4. He had several plans for making money quickly. All of them have failed. 5. The landlord was proud of his strength. He despised the weakness of his tenants. 6. This is the village. I was born here. 7. You put the keys somewhere. Show me the place. 8. Paul was an old gentleman. He was my travelling companion. 9. A fox once met a crane. The fox had never seen a crane before. 10. The shop keeper keeps his money in a wooden case. This is the wooden case. Answers 1. The police has caught the man who committed the theft last night. 2. The French language is different from the Latin language which was once spoken throughout Europe. 3. Can you