Langsung ke konten utama

Memaknai Kesepian

Gue ngerasa kesepian cuma karena pikiran gue sendiri, mau dicari tapi enggak mau mencari. Ngerasa enggak ada yang menemani dan memahami, yaa padahal sebenarnya sih ada...

Enggak akan bisa dipungkiri kalo hampir setiap orang itu pernah ngerasain kesepian. Ketika merasakannya, ada kekosongan yang mungkin enggak bisa dijelaskan dengan mudah. Enggak semua manusia juga bisa memahami kesepian yang dirasakan, bisa tahu penyebabnya, atau mengatasinya dengan tepat.. Hanya orang yang juga merasakan kesepian itu yang memahami.

Darimana Datangnya Kesepian???


Menurut beberapa orang yang gue temui mereka mengungkapkan kalo kesepian itu adalah ketika mereka merasa enggak ada kehadiran orang lain dalam hidupnya. Bagi mereka kesepian diartikan ketika merasa sudah enggak ada orang yang peduli lagi padanya. Sementara itu, pendapat lain malah memandang kesepian terjadi saat merasa benar-benar sendiri padahal kita memiliki teman di luar sana. Dan gue merasakan keduanya hahhaha


Selain itu, sebenarnya ada sih perbedaan dalam menilai penyebab merasa kesepian dalam hidup mereka.  Ada yang merasa sepi karena udah jarang bertemu dengan teman-temannya. Teman yang dimaksud adalah teman yang sudah bersama dari awal sampai sekolah bahkan sampai akhir menua. Memasuki masa akhir hingga mereka berpisah, pertemuan bersama teman yang dilakukan udah enggak bisa lagi seintensif dulu.


Di sisi lain, ada yang ngerasa kesepian ketika sedang menghadapi masalah. Ia akan berpikir siapa aja orang yang akan hadir ketika ia menghadapi masalah. Terkadang, ia merasa enggak ada siapa-siapa yang hadir pada saat dibutuhkan. Ia akan ngerasa sangat sepi karena harus menyelesaikan semuanya sendiri. Meskipun begitu, ia lebih memilih untuk menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapi.


Pasti kalian juga sering deh bahkan sering banget,  ada loh yang emang enggak mengerti alasan di balik kesepian yang dirasakan. Mereka cuma selalu ngerasa kosong dan hampa, lalu bingung cara mengatasinya gimana.


 Berkaitan masalah kesepian menurut gue ada 3 alasan sih. Pertama, kesepian adalah akibat dari berkurangnya hubungan sosial seseorang secara jumlah maupun mutu. Hal ini terjadi saat ada keenggak cocokan antara hubungan sosial sesungguhnya dengan kebutuhan seseorang buat melakukan kontak sosial.


Kedua, ngerasa kesepian sama dengan pengalaman subjektif dan berbeda dengan pengasingan sosial. Ini beda banget loh. Kamu pernah ngerasa diasingkan?? Saat pemasangan sosial ini mengacu saat terjadi pemisahan seseorang secara fisik dari orang lain. Sebagai contoh, tinggal sendirian atau berada di lingkungan yang jauh dari orang-orang yang kita sayangi. Sementara itu, kesepian adalah perasaan subjektif saat sedang sendirian atau terpisah dengan orang lain. Seseorang bisa merasa sendirian tanpa kesepian atau merasa sepi di tengah keramaian. Pasti kalian pernah merasakan perasaan ini kan? Perasaan yang sering muncul di diri gue.


Terus ketiga, ngerasa sepi itu termasuk dalam pengalaman yang enggak menyenangkan. Kesepian memang bagian pengalaman manusia yang enggak bisa dielakkan atau diabaikan. Pengalaman ini melibatkan periode pertengkaran dan perdebatan dalam diri sendiri dan malah dapat memicu pertumbuhan diri seseorang. Pertumbuhan yang negatif tentunya loh.


Terus gue coba membaca dan memahami beberapa buku yang berisi tentang penyebab dan pengaruh kesepian dalam mengubah pribadi seseorang, terus gimana pandangan ilmiah tentang penyebab kesepian itu bisa terjadi???


Terdapat dua penyebab kesepian, yaitu faktor yang membuat rentan dan peristiwa yang memicu. Faktor yang membuat seseorang rentan merasa kesepian terdiri dari, karakter individu (pemalu, introvert, kurang tegas, keberhargaan diri rendah), karakter situasi (kompetitif, isolasi sosial, kesempatan untuk kontak sosial), dan nilai budaya (individualis, sekularisasi, urbanisasi).


Putus cinta atau pindah ke lingkungan baru yang dapat mengubah kehidupan sosial seseorang secara signifikan merupakan contoh peristiwa yang dapat memicu kesepian. Peristiwa ini menjadi pemicu karena ada keinginan buat ngelakuin kontak sosial tetapi enggak didukung dengan peningkatan kontak sosial sebenarnya yang sama.


Saat kuliah gue nemuin tiga masalah utama yang terjadi sampai menyebabkan kesepian pada mahasiswa. Penyebabnya adalah putus cinta hahaha ini gue sendiri mengalami, ada yang merantau jauh dari keluarga serta jauh dari teman, dan masalah dengan teman atau relasi. Selain itu menurut gue semakin tua seorang pelajar, maka kehilangan kontak dengan teman menjadi penyebab kuat kesepian.


Kesepian itu dialami kok oleh setiap orang. Pada dasarnya setiap orang pernah mengalami kesepian. Kesepian merupakan pengalaman subjektif yang enggak pernah menyenangkan dan terjadi ketika intensitas komunikasi dengan orang lain berkurang. Terus juga alasan di balik terjadinya kesepian juga berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang berasal dari dalam ataupun luar diri sendiri.


Meskipun begitu, kesepian sebenernya bukanlah sebuah masalah.  Bukan sebuah masalah selama kita mampu mengenali dan mengetahui cara menghadapinya. Dengan lebih mengenal diri sendiri, kita mampu menelaah penyebab kesepian yang dirasakan. Selanjutnya, kita mampu memutuskan cara seperti apa untuk menghadapi kesepian.

Jadi apakah kamu pernah mengalami ini?? Kamu merasa kesepian??? :)

Kamu enggak sendiri, gue mengalaminya juga loh. Gue kesepian.....

Apa kamu punya teman yang nyata?
Apa kamu punya orang-orang yang benar-benar tulus tanpa mengharapkan sesuatu padamu??
Apa mereka selalu ada saat kamu kesepian?
Apa ada orang yang selalu menunggu kamu??
Apa mereka mempedulikan kamu saat ini??
Apa ada orang yang enggak mengenal kamu, namun orang itu rela selalu ada buat kamu, dan mau mengorbankan dirinya untuk mengisi kesepian kamu???

Jika gue mempertanyakan ini semua, apa kamu bisa menjawab???
Beri gue jawaban jika kamu telah menemukannya..

Gue disini sendiri, kesepian.
Gue kosong!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN

TEMA: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DIDALAM PERUSAHAAN. Kata kunci : iklim organisasi, kedewasaan, kinerja, kepemimpinan, stress, budaya kerja. ANALISIS JURNAL TENTANG KINERJA KERJA KARYAWAN Jurnal 1 ( PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DAN STRES KARYAWAN (Studi Kasus : CV. Mertanadi)) : Anak Agung Wiranata 2, Juli 2011 Kepemimpinan dalam perusahaan merupakan hal penting dalam sebuah era organisasi modern yang menghendaki adanya demokratisasi dalam pelaksanaan kerja dan kepemimpinan perusahaan. Akibat yang mungkin timbul dari adanya gaya kepemimpinan yang buruk adalah penurunan kinerja karyawan yang akan membawa dampak kepada penurunan kinerja total perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dan stres karyawan.. Hipotesa kerja yaitu H0 = 0, kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Ha ≠ 0, kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja dan stress karyawan. Hasil pen

jurnal perilaku konsumen (english)

European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol 3, No.3 Effective advertising and its influence on consumer buying behavior Zain-Ul-Abideen (Corresponding Author) Department of Management Sciences, Abbasia Campus, The Islamia University of Bahawalpur, Punjab, Pakistan. E-mail: zuabideen@gmail.com Salman Saleem Department of Business Administration, Federal Urdu University of Arts, Science & Technology, Islamabad, Pakistan. E-mail: salmankhan302@gmail.com Abstract Advertising is a form of communication intended to convince an audience (viewers, readers or listeners) to purchase or take some action upon products, information, or services etc. This paper investigates the relationship between independent variables which are environmental response and emotional response with attitudinal and behavioral aspect of consumer buying behavior, by tapping the respons

example adjective clause

Combine each of the following pairs of simple sentences into one complex sentence containing an adjective clause. 1. The theft was committed last night. The police has caught the man. 2. The French language is different from the Latin language. Latin was once spoken throughout Europe. 3. You are looking upset. Can you tell me the reason? 4. He had several plans for making money quickly. All of them have failed. 5. The landlord was proud of his strength. He despised the weakness of his tenants. 6. This is the village. I was born here. 7. You put the keys somewhere. Show me the place. 8. Paul was an old gentleman. He was my travelling companion. 9. A fox once met a crane. The fox had never seen a crane before. 10. The shop keeper keeps his money in a wooden case. This is the wooden case. Answers 1. The police has caught the man who committed the theft last night. 2. The French language is different from the Latin language which was once spoken throughout Europe. 3. Can you