animasi  bergerak gif
My Widget

Entri Populer

Sabtu, 08 Desember 2012

BAB III

BAB III


METODOLOGI PENELITIAN

A. Pendekatan penelitian
Metodelogi penelitian adalah suatu pengkajian dari peraturan-peraturan yang terdapat dalam metode riset. Sedangkan metode merupakan suatu prosedur atau cara mengetahui hasil yang ingin diketahui, memiliki langkah-langkah yang sistematik.
1. Variabel penelitian
Variabel penelitian adalah hal-hal yang dapat membedakan atau membawa variasi pada nilai saat ini. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen.
a) Variabel terikan (Dependent variable)
Variabel dependent adalaha variable yang menjadi pusat perhatian peneliti. Hakekat sebuah masalah, mudah terlihat dengan mengenali berbagai variable dependen yang difunakan dalam sebuah model. Dalam penelitian ini yang menjadi variable dependent atau variable terikat adalah kinerja karyawan dalam suatu perusahaan.
b) Variabel bebasa (independent variable)
Variabel independen adalah variable yang mempengaruhi variable dependen, baik pengaruh positive ataupun pengaruh negative. Dalam penelitian ini yang menjadi variable bebas atau independent variable adalah kepemimpinan, gaya kepemimpinan, stres karyawan, kedisiplinan,perilaku tegas, rasa percaya diri, Iklim Organisasi, kedewasaan.

2. Penentuan sampel dan populasi
Populasi adalah gabungan dari seluruh elemen yang berbentuk, hal atau orang yang memiliki karakteristik serupa yang menjadi pusat perhatian peneliti, karena dipandang sebagai semesta penelitian . Sampel merupakan subset dari populasi, terdiri dari beberapa anggota populasi . penelitian ini menggunakan metode Questioner, jadi hanya mengambil beberapa orang saja sebagai sample.
B. Sifat penelitian
Penelitian merupakan proses penemuan kebenaran yang dijabarkan dalam bentuk kegiatan yang sistemantis dan berencana dengan dilandasi metode ilmiah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, karena memberikan uraian mengenai hasil yang dimuat dalam suatu analisis yang terkait dengan hasil penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh penulis sebelumnya.
C. Jenis penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan atau penelitian ulang dari penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh Anak Agung Wiranata 2, Juli 2011 dengan judul(PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DAN STRES KARYAWAN ),RM. GARDHIKA RIZA PRADANA, Juni 2012 dengan judul (PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
DI KOPERASI KARYAWAN REDRYING BOJONEGORO (KAREB)) , dan Vivi dan Rolen 12, Maret 2007 (PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KEDEWASAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT GRAHA TUNGKI ARSITEKTIKA). Dengan ketiga jurnal tersebut sebagai panduan dari penelitian ini.
D. Jenis data
Data adalah segala sesuatu yang diketahui atau dianggap mempunyai sifat bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data sekunder. Data sekunder adalah data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain).
E. Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan data dalam penulisan ini addalah dengan melakukan studi pustaka. Studi pustaka merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan membaca buku-buku, literatur, jurnal-jurnal dan mencari referansi penelitian yang berkaitan dengan penulisan ini.
F. Metode analisis data
berikut merupakan metode analisis data yang digunakan penulis serta penelitian yang dilakukan terdahulu.
1. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas merupakan alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau akurat jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan cara pengukuran sekali saja dengan alat bantu SPSS uji statistik Cronbach Alpha (α). Suatu konstruk atau variabel dikatakan reliable jika memberikan nilai Cronbach Alpha > 0.60
2. Analisis regresi linier berganda
Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (X)yaitu: kepemimpinan, gaya kepemimpinan, stres karyawan, kedisiplinan,perilaku tegas, rasa percaya diri, Iklim Organisasi, kedewasaan terhadap variabel terikatnya yaitu kinerja karyawan (Y). Menurut (Ghozali, 2005)persamaan regresi linier berganda adalah sebagai berikut :

Y = a + b1X1 + b2X2 + e

Dimana:

Y = Variabel dependen (kinerja karyawan)
a = Konstanta
b1, b2,= Koefisien garis regresi
X1, X2 =Variabel independen (Motivasi dan kepemimpinan)
e = error / variabel pengganggu
3. Uji Validitas
Koefisien validitas untuk seleksi item pada tes yang mengukur kemampuan ini dapat dipilih dari item-item yang memiliki koefisien 0,3 atau lebih. Pada uji validitas seluruh kuesioner kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja dinyatakan valid, sehingga tidak ada pertanyaan yang harus dihilangkan guna menjamin validitas hasil penelitian secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar